Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Bahan Alami Terbaik untuk Memutihkan Lutut dan Siku Anda

Cara Memilih Bahan Alami Terbaik untuk Memutihkan Lutut dan Siku Anda

Penyebab Warna Gelap pada Lutut dan Siku

Lutut dan siku yang berwarna lebih gelap dibandingkan area kulit lainnya pada tubuh adalah hal yang biasa. Ini karena lutut dan siku adalah area yang sering tergores. Namun, beberapa hal lain juga dapat menjadi penyebab warna gelap pada kulit di area tersebut, diantaranya:

  • Efek penuaan
  • Faktor genetik
  • Kurangnya perawatan kebersihan
  • Paparan sinar matahari
  • Kulit kering
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Hiperpigmentasi kulit
  • Obesitas
  • Efek samping obat
  • Efektivitas Cara Memutihkan Lutut dan Siku secara Alami

Bahan Alami Untuk Memutihkan Lutut dan Siku

Warna gelap pada lutut dan siku mungkin tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, namun dapat mengganggu penampilan dan mempengaruhi rasa percaya diri. Ada sejumlah cara memutihkan lutut dan siku secara alami, namun keefektivannya belum terbukti dengan pasti. Beberapa bahan alami yang dianggap dapat memutihkan lutut dan siku adalah:

Teh Hijau

Teh hijau: Seduh sekantong teh hijau dalam air panas, dinginkan, usapkan dengan bola kapas ke lutut dan siku, ulangi dua kali sehari. Teh hijau dianggap dapat memutihkan karena kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat mencegah akumulasi melanin dan menghambat tirosinase, enzim untuk membuat melanin.
Untuk menggunakan teh hijau sebagai bahan alami untuk memutihkan lutut dan siku, berikut langkah-langkahnya:

  1. Seduh sekantong teh hijau dalam air panas.
  2. Dinginkan teh tersebut.
  3. Celupkan bola kapas ke dalam teh hijau dan peras kelebihannya.
  4. Usapkan kapas yang sudah dicelupkan ke teh hijau ke atas lutut dan siku.
  5. Ulangi proses ini dua kali sehari.

Lidah Buaya

Gel lidah buaya diklaim dapat mencerahkan kulit, namun tidak ada bukti ilmiah yang memadai untuk mendukung klaim ini. Aloesin, senyawa yang terkandung dalam lidah buaya, dianggap sebagai penyebab potensial. Sebuah studi tahun 2002 dalam Clinical and Experimental Dermatology menunjukkan bahwa aloesin dapat mengurangi hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari. Namun, karena studi tersebut sudah lama, perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efek gel lidah buaya terutama dalam memutihkan kulit lutut dan siku tangan.

Berikut adalah cara menggunakan gel lidah buaya sebagai bahan alami untuk memutihkan lutut dan siku:

  1. Oleskan 1 sendok makan gel lidah buaya ke lutut atau siku.
  2. Usapkan gel dengan lembut ke kulit dengan tangan yang bersih.
  3. Ulangi proses ini 2 hingga 3 kali seminggu hingga terlihat perubahan.

Kunyit

Kunyit dipercaya dapat membantu memutihkan lutut dan siku tangan karena kandungan kurkumin-nya. Studi pada 2012 di Phytotherapy Research menunjukkan bahwa kurkumin dapat membatasi produksi melanin melalui hambatan aktivitas tirosinase. Cara menggunakan kunyit sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit: Campurkan ½ sendok teh kunyit dengan 1 sendok makan yogurt atau madu, aplikasikan pada lutut, diamkan selama 10-15 menit, bilas, dan lembapkan. Ulangi 2-3 kali seminggu.

Lemon

Menurut Buku Beauty Clopedia: 110 Rahasia Cantik Alami (2019) oleh ©Go Dok, air perasan lemon dapat memutihkan lutut dan siku karena mengandung asam sitrat yang dianggap sebagai zat pemutih alami. Cara memutihkan lutut dan siku dengan lemon adalah: potong lemon menjadi 2 bagian, gosokkan pada lutut dan siku, diamkan selama 3 jam sebelum dibilas bersih dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih optimal, usapkan pelembab setelahnya karena perasan lemon dapat membuat kulit kering.

Susu dan Baking Soda

Susu dan Baking Soda dapat digunakan untuk memutihkan lutut dan siku yang hitam. Asam laktat pada susu membantu mengurangi pigmentasi kulit, sementara baking soda efektif untuk mengangkat sel kulit mati. Cara menggunakannya: Campurkan susu dan baking soda, oleskan campuran pada area yang ingin dicahkan, dan gosok dengan gerakan melingkar. Setelah itu, bilas dengan air dan ulangi proses sesuai kebutuhan atau hingga perubahan terlihat.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E yang bermanfaat dalam memperbaiki sel kulit yang rusak dan melindungi dari bahaya sinar matahari.
Cara mencerahkan lutut dan siku tangan dengan minyak kelapa:
  1. Oleskan minyak kelapa 2 kali sehari
  2. Bilas dengan air hangat
  3. Ulangi seiring dengan kebutuhan.

Mentimun

Mentimun dapat digunakan untuk memutihkan kulit karena memiliki sifat alami untuk mencerahkan dan memutihkan. Ia juga dapat melembabkan dan membersihkan sel-sel kulit mati sehingga mencegah kulit menjadi gelap. Cara memutihkan lutut dan siku dengan mentimun adalah: potong mentimun dan gosokkan ke lutut dan siku, atau jus mentimun dan campurkan dengan air lemon lalu gosokkan ke lutut atau siku yang menghitam.

Paling Laku

Elumor Cream Pemutih Lutut dan Siku

Rp 70.000

Elumor Cream ampuh memutihkan lutut, siku dan lipatan bagian tubuh lainnya

Beli Sekarang

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Bahan Alami Terbaik untuk Memutihkan Lutut dan Siku Anda"